Jaga tanah air dari semua kerusakan (foto),
Kritik Nasionalisme modern: Nasionalis atau rasis sebenarnya?

Apa beda nasionalisme dan rasisme?
Jawabannya sama saja soal melahirkan diskriminasi berdasar identitas suatu individu dan sekelompok manusia lainnya.


Rasisme merendahkan orang karena bawaan identitas seperti ras, suku, genetik dan sebagainya. Sedangkan nasionalisme merendahkan atau membenarkan seseorang hanya karena kesamaan/perbedaan dalam lingkup batas-batas imajiner dan dogma politik.

Yang mana hal ini digariskan oleh proses politik dari mereka yang dianggap berpengaruh di masa lalu.

Sekat nasionalisme bisa menghalangi manusia dalam mendapatkan haknya terutama hak paling dasar yaitu perlindungan.


Hal ini terbukti, dimana pengungsi asing kadang diperlakukan bagaikan binatang dengan alasan menjaga "kenyamanan negara" dan "keuangan negara".

Tidak percaya? Silahkan tengok kembali nasib "manusia perahu" yang sempat terlunta di lautan Asia tenggara, sementara orang-orang sibuk berdebat "garis kedaulatan" dan "hukum nasional". 

Barulah setelah berbagai desakan, sekat kedaulatan nasional itu ditanggalkan, berganti menjadi sisi kemanusiaan.

Akibat batas imajiner nasionalisme, orang-orang yang berwarna kulit sama, berkelopak mata sama, berambut sama, tetapi mereka bisa saling menghina hanya karena masalah sepele seperti Rendang, tarian, lagu dan sebagainya.

Karena visi nasionalisme, kaum Buddha Myanmar menolak warga Rohingya menjadi warga negara Myanmar. Sebab jika menjadi warga negara Myanmar, otomatis satu negara bagian Rakhine akan didominasi alias jatuh ke Muslim Rohingya.

Sedangkan kaum nasionalis Buddha menganggap warga Rohingya adalah imigran ilegal dari Bangladesh. Jadi mereka di luar lingkup nasionalitas Myanmar.

Nasionalisme membuat orang bangga dengan nilai jahiliyah seperti nilai kesukuaan, nilai magico historis, nilai budaya dan dogma-dogma politik. 

Bukan berarti nasionalisme tidak punya sisi positif, banyak gerakan yang akhirnya menghancurkan penjajahan dimulai karena tersebarnya identitas nasional suatu bangsa tertindas. Contohnya adalah Turki modern (Kemalis), yang akhirnya menciptakan sebuah negara sekuler.

Berbanding terbalik dengan nasionalisme di negara kuat dan mapan, kepentingan nasional adalah soal mempertahankan dominasi ekonomi, militer, geopolitik serta persaingan dengan bangsa lain.

Perang Dunia 2 muncul dari ultranasionalisme, bentuk nasionalisme yang lebih berat atau lebih ekstrim sebagai Chauvinisme. NAZI ingin meraih dominasinya atas dunia, hasilnya adalah fasisme.

Vladimir Putin adalah ultranasionalis, siap memainkan nuklirnya menantang NATO saat sengketa Ukraina, pasca pencaplokan Krimea. Bom-bom Putin juga membunuh ribuan warga sipil Suriah. Tapi siapa yang peduli dengan orang mati dari negara lain?

Donald Trump pun dianggap ultranasionalis versi AS, janjinya adalah membuat Amerika kembali jadi superior. Ini sudah mengkhawatirkan semua orang, karena AS memiliki armada militer terkuat di dunia.

Apa yang harus dilakukan?
Islam tidak mengajarkan sekat nasionalisme. Islam tidak mengajarkan cinta tanah air karena dikavling dengan garis tertentu yang disebut "kedaulatan". Siapa saja (termasuk kafir/non Muslim), jika meminta pertolongan umat Islam, maka akan dibantu. Dilindungi jiwa dan kehormatannya.

Islam mengajarkan melindungi bumi (tanah air) yang kita pijak dari kerusakan materiil (kerusakan alam) maupun nonmateriil, yaitu kerusakan ideologi yang berujung pada hancurnya moral.

Nilai moral dalam Islam tidak ditentukan oleh kesepakatan masyarakat, nilai moral dalam Islam di tentukan oleh wahyu, dimana Allah lah yang paling mengetahui sifat-sifat dasar manusia.

Bagaimana anda mencintai tanah air tempat anda berpijak? Sudahkah melindunginya dari berbagai kerusakan, kezhaliman dan kemaksiatan?

Sudahkan wahyu Allah menjadi nilai tertinggi di negeri-negeri umat Islam?

Selamat berjuang untuk kebaikan tanah airmu di hadapan-Nya..
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.