Atlet senam artistik, Alex Naddour dengan tanda bekam (foto),
Ada yang berbeda dari perenang kelas dunia, Michael Phelps, saat beraksi di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Terlihat ada beberapa lingkaran merah kecoklatan di bagian pundak sebelah kanannya.

Jika diamati lebih dekat, seperti tanda terapi bekam. Teknik tersebut merupakan pengobatan dan terapi tradisional dengan menempel sejumlah benda berbentuk mangkuk atau gelas yang menyedot kulit karena tekanan udara diturunkan.

Warna merah kecoklatan di kulit merupakan efek hisap dari alat bekam tersebut yang dipercaya mampu memperlancar peredaran darah dan mengeluarkan darah kotor.

Benar, Phelps memang satu dari sejumlah atlet di Olimpiade 2016, yang memilih teknik bekam untuk menjaga kebugarannya selama di Rio de Janeiro.

Bahkan, teknik kesehatan alternatif yang sudah ada sejak ribuan tahun itu menjadi cukup populer di kalangan atlet Olimpiade 2016, termasuk pula di antara kontingen Amerika Serikat.

Selain Phelps, teknik bekam itu juga menjadi langganan bagi atlet senam artistik Amerika Serikat, Alex Naddour. Setidaknya itu yang diakui atlet berusia 25 tahun tersebut.

"Ada rahasianya yang saya lakukan selama beberapa tahun belakangan sehingga kesehatan saya tetap terjaga", kata Naddour menuturkan seperti dikutip CNN Indonesia dari USAToday.

Menurutnya, cara bekam yang ia pilih terbilang sangat membantu dan murah. "Ini jauh lebih baik dari uang yang sudah saya habiskan untuk hal lainnya", tuturnya.

Karena hanya dengan merogoh kocek sekitar USD 15 untuk membeli satu set alat bekam dan menggunakannya, sudah bisa menghilangkan rasa sakit dan ketegangan usai melakoni perlombaan.

Rekan setim Naddour, Chris Brook, juga mengakui mengandalkan teknik bekam. Menurutnya, tak dibutuhkan lagi trainer atau ahli terapis dengan prosedeur bekam.

"Anda seperti, 'Oke, saya sakit di bagian ini', Tempel beberapa alat bekam dan rekan setim yang membantu anda atau bisa mengerjakannya sendiri", ujar Brooke.

Amerika Serikat sejauh ini masih kokoh sebagai pemuncal tabel medali Olimpiade. (CNN Indonesia)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.