Serangan udara dengan bom Fosfor olrh Rusia di Idlib (foto),
Keberhasilan pejuang oposisi menembus pengepungan atas kota Aleppo timur rupanya "direspon" dengan peningkatan serangan udara pihak rezim Assad dan Rusia.

Bukan hanya di sekitar daerah Aleppo yang direbut, namun juga di beberbagai wilayah lain, terutama provinsi Idlib.

Sebuah video yang diunggah pada hari Minggu menunjukkan kawasan pemukiman yang berpijar oleh nyala bunga api dan daerah terbakar.

Aktivis lokal melaporkan ada 10 titik serangan bom Fosfor dan bom pembakar oleh pesawat tempur yang diyakini kuat milik Rusia.

Dari gambar serpihan bom Rusia menunjukkan kode "RBK-500 ZAB 2,5 SM H-16 H17". Merupakan tipe bom cluster buatan Rusia yang dapat dipakai menyebar hulu ledak tertentu, termasuk bom pembakar dan Fosfor, seperti yang terekam di kota Idlib.

Serpihak bom yang ditemukan di Idlib
"Bom Fosfor dijatuhkan di kota Idlib.. Allahu Akbar! Lahawla wala quwwata illa billah!", ujar seorang aktivis saat merekam kejadian dengan situasi mencekam.

Video dapat dilihat di sini

Sebaran serangan udara di kota Idlib, Suriah
Dokumentasi serangan bom cluster yang diduga mengandung Fosfor putih ke pemukiman warga sipil
Fosfor adalah zat kimia yang sangat reaktif. Jika terpapar kulit makhluk hidup, zat ini tidak akan berhenti bereaksi hingga benar-benar habis, sehingga dapat menimbulkan efek luka bakar hingga menembus tulang bagi korbannya.

Selain ke kota Idlib, serangan udara juga menghajar kota-kota di provinsi Idlib lain seperti Khun Syaikhun, Jisr Syughur, Ma'arat Nu'man, Saraqib, Kafr Nabl, Binnis, serta kota kecil Bidama di pinggiran Latakia utara. (rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.