Kecaman terhadap serangan udara Rusia yang memakai senjata terlarang (foto SRN),
Secara total sepanjang bulan Juni menurut data kelompok pemantau SOHR, terdapat 4823 orang yang tercatat tewas di Suriah.

Sebanyak 1208 diantanya adalah korban dari warga sipil. Dimana sekitar 69% korban sipil, atau 831 orang, meninggal akibat serangan rezim Assad, Rusia dan sekutunya.

Berikut rinciannya:
Sebanyak 680 warga sipil, termasuk 156 anak-anak (di bawah 18 tahun) dan 91 perempuan, tewas akibat serangan udara yang dilakukan Rusia dan rezim Suriah, baik dengan pengeboman pesawat tempur maupun bom Birmil yang dilempar dari helikopter.
 
Ditambah 125 warga sipil, termasuk 28 anak-anak dan 18 perempuan, tewas oleh serangan altileri maupun sniper pasukan rezim Assad.

Serta 26 warga sipil, termasuk seorang anak, meninggal karena disiksa di dalam penjara rezim Suriah dan ruang bawah tanah dari cabang-cabang intelijennya. (Total korban sipil oleh pasukan pro Assad yang teridentifikasi adalah 831 orang)

43 warga sipil, termasuk 3 perempuan, dieksekusi oleh ISIS. Seorang wanita juga dieksekusi oleh Jabhah Nushrah (al-Qaeda Suriah) di pinggiran Idlib.

45 warga sipil, termasuk 20 anak-anak dan 12 perempuan, tewas oleh pemboman oleh pesawat tempur koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS).

150 warga sipil, termasuk 31 anak-anak dan 27 perempuan, terbunuh akibat serangan militer yang dilancarkan kelompok oposisi dan Jabhah Nushrah.

16 warga sipil, termasuk 5 anak-anak dan 3 perempuan, terbunuh oleh penjaga perbatasan Turki.

30 warga sipil, termasuk 2 anak-anak, tewas akibat bom mobil dan rompi peledak manusia.

4 warga sipil, termasuk 2 anak-anak dan perempuan meninggal akibat buruknya kondisi kesehatan, kehidupan dan kurangnya obat-obatan.

13 warga sipil, termasuk 2 anak-anak dan seorang perempuan, terbunuh oleh serangan mortir dan tembakan dari milisi SDF di provinsi Aleppo.

75 korban sipil lainnya, termasuk 19 anak dan 8 perempuan, terbunuh oleh pihak yang tak dikenal atau sebab yang belum diketahui.

Dari korban kombatan (militer), berikut rinciannya menurut SOHR:
Oposisi Suriah (FSA dan kelompok Islamis), 1151 anggota

Tentara pembelot dan perwiranya, 2 orang

Pihak pro Assad, total: 1432 tewas
Tentara rezim dan perwiranya, 640 anggota

Misi Syabihah dan loyalis Assad, 656 anggota

Anggota teroris Hezbollah Lebanon, 29 anggota (yang diakui Hassan Nasrallah)

Milisi bayaran/Syi'ah asing, 110 anggota

Tidak teridentifikasi: 41 orang

Milisi asing, baik dari oposisi, Jabhah Nushrah, Jaisyul Muhajirin wal Anshar dan lain-lain, serta ISIS: 986 orang(*)

Catatan(*): 
Hasil penelusuran independen Risalah dari berbagai sumber, kombatan asing yang tewas terbanyak sepanjang bulan Juni adalah anggota ISIS, dimana sekitar 300-an anggota mereka tewas hanya dalam pertempuran Manbij melawan SDF dan AS.

ISIS juga terus diserang Turki di utara Aleppo, serta dibom di provinsi lainnya (Raqqah, Deir Zour, Homs) oleh koalisi AS, Rusia maupun Assad.

SOHR tidak mencantumkan jumlah tewas milisi Kurdi atau yang berhubungan. (SOHR)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.