Daftar teroris Saudi (foto Arabnews),
Pasukan keamanan Arab Saudi telah menangkap 19 tersangka teroris terkait dengan serangan bom bunuh diri yang mengguncang Madinah, Qatif dan Jeddah pada hari Senin. Mereka adalah 7 warga Saudi dan 12 warga Pakistan.

Dari investigasi oleh otoritas keamanan, teroris yang meledakkan diri di dekat Masjid Nabawi diidentifikasi sebagai Naer Musallam Hammad al-Nujaidi al-Bluwi, warga Saudi berusia 26 tahun.

Menurut kantor berita SPA, al-Nujaidi memiliki riwayat penyalahgunaan obat-obatan terlarang, atau seorang pecandu.

Badan keamanan juga telah mengidentifikasi teroris yang terlibat dalam serangan di sebuah tempat ibadah Syi'ah di Qatif.

Salah satunya adalah Abdul Rahman Saleh Mohammad al-Emer, 23 tahun. Sebelumnya ia pernah ditahan karena terlibat demonstrasi ilegal yang menyerukan pembebasan tahanan kasus terorisme.

Dua lainnya yang diidentifikasi adalah Ibrahim Saleh Mohammed al-Emer, 20 tahun, dan Abdulkarim Ibrahim Mohammed al-Hasni, juga baru berusia 20 tahun. Semua teroris adalah penduduk Saudi namun tidak pernah memiliki kartu identitas nasional.

Sampel yang dihimpun dari TKP ditemukan jejak Nitrogliserin, bahan kimia yang mudah meledak, sejenis dengan bahan peledak dalam serangan di Jeddah.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan dan informasi lebih rinci akan diumumkan secepatnya.

Serangan bom bunuh diri terjadi pada Senin di Jeddah, Qatif dan dekat Masjid Nabawi Madinah yang membunuh empat polisi serta melukai sembilan lainnya, menurut laporan terbaru.

Pemboman di Madinah terjadi di tempat parkir sisi selatan masjid atau dekat dengan pemakanan Baqi'.

Pihak keamanan saat itu mencurigai seseorang yang sedang menuju ke Masjid Nabawi, ketika didekati, pelaku segera meledakkan bom bunuh diri.

Video di media sosial menunjukkan kebakaran mobil, dengan dua petugas keamanan tergeletak di tanah, sementara dua lainnya tergeletak tak berdaya di dekat mobil yang terbakar.

Pembom bunuh diri tersebut tewas, dalam ledakan menjelang saat-saat berbuka puasa. Namun tidak ada satupun jama'ah masjid yang menjadi korban serangan.

Sebelumnya, dalam waktu tak berselang lama di Qatif, dua pembom bunuh diri meledak secara beruntun di depan tempat ibadah kaum Syi'ah. Selain tewasnya pelaku, tidak ada korban yang dilaporkan.

Rangkaian serangan hari Senin diawali oleh bom bunuh diri di dekat Konsulat AS di Jeddah, pada dini hari, yang menyebabkan 2 polisi terluka.

Pelaku bernama Gulzar Khan, warga Pakistan yang tinggal di Jeddah bersama istri dan orangtuanya sejak 12 tahun lalu, serta bekerja sebagai sopir pribadi.

Pihak berwenang Saudi belum mengumumkan pasti keterkaitan para pelaku dengan organisasi teroris manapun. (Arabnews/SPA)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.