Dr. Ayman Zawahiri al-Qaeda (foto),
Pemimpin al-Qaeda, Dr. Ayman az-Zawahiri, menyatakan tidak mempermasalahkan sedikitpun keputusan Jabhah Nushrah untuk keluar dari organisasinya itu.

Dalam sebuah pernyataan audio yang dirilis pada hari Kamis (28/7), az-Zawahiri mendukung keputusan itu untuk "menjaga persatuan dan melanjutkan perjuangan di Suriah".

"Kalian, tanpa keraguan sedikitpun, boleh untuk mengorbankan ikatan seperti organisasi atau partai (hizbi), jika hal itu bertentangan dengan persatuan dan perjuangan sebagai satu tubuh", kata pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahri, dalam sebuah pernyataan audio, seperti dikutip Reuters.

"Persaudaraan Islam diantara kita lebih kuat daripada afiliasi organisasi. Persatuan dan kesatuan diantara kalian lebih penting untuk kami daripada hubungan organisasi", lanjutnya.

Permintaan keluarnya Jabhah Nushrah dari al-Qaeda telah sejak lama disuarakan oleh berbagai kelompok oposisi Suriah, karena label "teroris" dari berbagai negara yang merugikan.

Pemisahan Jabhah Nushrah diri al-Qaeda diperkirakan akan makin mempererat operasi bersama dan kesatuan kelompok Islamis.

Pemisahan juga diyakini akan menjadi langkah awal untuk meraih dukungan lebih besar dari negara-negara Teluk, seperti Qatar, bagi Jabhah Nushrah maupun revolusi Suriah.

Qatar sejak lama telah menawarkan dukungan, namun menolak kelompok itu terlibat "organisasi teroris".

Jabhah Nushrah adalah salah satu faksi paling kuat dalam perang Suriah melawan rezim Basyar al-Assad dan kelompok ultra ekstrimis ISIS.

Dimasukkan dalam daftar "kelompok teroris" oleh berbagai negara, termasuk Amerika Serikat. Dan menjadi alasan bagi Rusia untuk menyerang posisi oposisi Suriah lain dan pemukiman warga sipil.

Ketika memasukkan Jabhah Nushrah dalam daftar terorisnya, AS sempat dikritik berbagai kelompok oposisi karena di lapangan pejuang Jabhah Nushrah sangat efektif dalam pertempuran melawan Assad. (Reuters/Al-Jazeera)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.