Afghanistan (foto),
PBB melaporkan setidaknya 1.602 warga sipil tewas dan 3.565 lainnya terluka dalam enam bulan pertama 2016 di Afghanistan, di tengah pertempuran dan serangan sporadis dari kelompok militan seperti Taliban.

Namun hitungan ini belum termasuk ledakan kembar oleh ISIS pada Sabtu lalu, yang menewaskan setidaknya 80 orang dan melukai lebih dari 230 orang, kebanyakan warga sipil dari suku Syi'ah Hazara.

Taliban yang sejak beberapa bulan lalu mengumumkan aksi ofensif melawan pemerintah, disebut bertanggung jawab untuk sekitar 60 persen korban sipil yang tewas dan terluka.

Sedangkan pasukan Afghanistan bertanggung jawab untuk 22 persen korban secara keseluruhan. Jumlah korban tewas akibat pasukan rezim Kabul naik sebanyak 47 persen di banding periode yang sama pada tahun lalu.

Pasukan internasional (koalisi AS) bertanggung jawab atas 2 persen korban, sedangkan 17 persen korban sisanya tidak bisa diidentifikasi siapa yang bertanggung jawab.

PBB juga menyatakan lebih dari 1.500 anak-anak tewas dan terluka akibat perang, rekor tertinggi hanya dalam waktu enam bulan.

Kebanyakan warga sipil terbunuh karena terjebak dalam serangan kelompok militan yang meningkat pasca ditarik mundurnya sebagian besar pasukan internasional dari Afghanistan.

Setidaknya ada 111 warga sipil, 85 di antaranya adalah perempuan atau anak-anak, tewas oleh helikopter dan jet tempur Afghanistan.

Pada 13 Juni lalu misalnya, helikopter Afghanistan menembakkan roket dan senjata mesin dalam sebuah acara pemakaman anggota Taliban, menewaskan atau melukai setidaknya 15 perempuan dan anak-anak, bersama pejuang Taliban.

Pejabat PBB menyerukan penghentian serangan udara di wilayah padat penduduk dan meminta angkatan udara Afghanistan untuk “menahan diri”.

Sementara itu, serangan udara oleh pasukan internasional, mayoritas oleh jet tempur Amerika Serikat, menyebabkan tewasnya 38 warga sipil dan melukai 12 lainnya. (CNN Indonesia Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.