Militan ISIS tembak heli dekat Palmyra (foto),
Kelompok militan ISIS menembak jatuh sebuah helikopter serbu milik Rusia di dekat Palmyra, Suriah. Dua orang pilot Rusia dalam helikopter tersebut tewas, seperti yang disampaikan laporan Kementerian Pertahanan di Moskow.

Helikopter Mi-25 tersebut ditembak jatuh pada Jum'at (8/6) setelah melakukan penyerangan ke markas ISIS di Homs.

Serangan dilakukan menggunakan roket saat heli akan kembali ke pangkalan karena kehabisan amunisi.

"Helikopter yang akan kembali itu ditembak militan dari darat dan jatuh di wilayah yang dikuasai pasukan pemerintah Suriah, krunya meninggal", ujar laporan Kemhan Rusia.

Kedua pilot yang tewas adalah Evgeny Dolgin dan Ryafagat Khabibulin. Menurut Kemhan, helikopter Rusia diterjunkan setelah mendapatkan permintaan dari rezim Suriah untuk membantu menyerang ISIS.

Kantor berita Rusia Interfax yang mengutip sumber militer Rusia mengatakan, helikopter tersebut jatuh dihantam rudal anti-tank TOW buatan Amerika.

Meski klaim ini tidak dapat diverifikasi secara independen.

Jatuhnya helikopter itu  terekam kamera ISIS dan dipublikasi di media mereka, Amaq. Dalam video terlihat helikopter tertembak dan jatuh ke tanah.

Rusia mulai melibatkan diri dalam perang Suriah sejak akhir September 2015, untuk menyerang kelompok oposisi maupun militn ultra ekstrimis ISIS.

Serangan udara Rusia ke seluruh wilayah Suriah telah membunuh ribuan warga sipil. (CNN Indonesia/Reuters/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.