Para pelaku rangkaian serangan hari Senin 4 Juli (foto Arabnews),
Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi, Mayjen Mansour al-Turki, mengatakan bahwa pelaku bom bunuh diri dekat Masjid suci Nabawi, Naer Musallam Hammad al-Nujaidi al-Bluwi, telah melakukan perjalanan ke luar negeri beberapa kali pada tahun ini.

Al-Turki menyatakan terdapat indikasi yang sulit dibantah jika Naer berafiliasi dengan kelompok teroris internasional tertentu, yaitu ISIS.

"Bukti cukup telah dikumpulkan dari para tersangka yang ditahan dan (keterangan) itu menunjukkan jika mereka mendukung ISIS", kata al-Turki.

Penyelidikan terus berlangsung. Dengan situasi saat ini, semua pihak diharapkan tetap tenang dan bersabar menunggu hasilnya.

"Semua fakta terkait serangan akan terungkap, setelahnya akan disusul dengan proses hukum yang diperlukan", jelasnya.

Al-Turki mengungkapkan, penyelidikan awal telah menunjukkan bahwa beberapa dari 12 warga Pakistan yang ditangkap memang memiliki keterkaitan dengan organisasi teroris ISIS.

Bahan peledak yang digunakan dalam bom bunuh diri di Jeddah, yaitu Nitrogliserin, sama dengan zat kimia yang digunakan dalam serangan di Madinah dan Qatif. Menjadi bukti keterkaitan dengan serangan Madinah.

Menurut ahli kimia Hisyam al-Sharqawi, salah satu bahan dasarnya yaitu gliserin, dijual bebas di toko-toko obat maupun apotek dalam krim pelembab. Namun bisa diracik menjadi bahan peledak.

"Hal tersebut juga menunjukkan bahwa (paket) bom bunuh diri berasal dari sumber yang sama. Para tersangka yang ditangkap berafiliasi dengan ISIS", ujarnya.

"Ini adalah salah satu zat yang dipakai sebagai katalis dari bahan peledak. Bila terkena suhu tinggi, akan meledak seketika", jelasnya.

Al-Sharqawi menjelaskan bahwa beberapa jenis zat asam pun bisa menjadi pemicu pembakaran. Banyak pula senyawa berbahaya yang biasa digunakan sehari-hari terkandung dalam bermacam produk.

Nitrogliserin telah dikaitkan dalam beberapa serangan teroris bunuh diri di Arab Saudi sebagai bahan peledaknya. (Arabnews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.