Mayor Jenderal Mansour Turki (foto Arabnews),
Pemerintah Arab Saudi telah menahan beberapa orang pasca 3 serangan bom bunuh diri yang mengguncang 3 kota hari Senin lalu, termasuk di depan Masjid suci Nabawi.

Seperti diberitakan Arabnews, pelaku serangan bom di Saudi mengarah pada kelompok teroris ISIS.

Menurut sumber Saudi, serangan teroris di Madinah, Jeddah dan Qatif disebut-sebut telah direncanakan oleh ISIS di Suriah, memilih target di wilayah Saudi menggunakan bom bunuh diri.

Sementara juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mayor Jenderal Mansour al-Turki, kepada sebuah koran lokal menjelaskan bahwa penyelidikan awal mengungkap adanya koordinasi dan keterkaitan antara bom bunuh diri dekat Masjid Nabawi, Madinah dengan serangan di Qatif, ke tempat ibadah kaum Syi'ah.

Pembom bunuh diri di kedua kota memiliki tujuan yang sama, yaitu menargetkan tempat ibadah, dan serangan juga terjadi di waktu yang hampir bersamaan.

Tak ada satupun kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Investigasi terus dilakukan. Dimana beberapa tersangka telah ditangkap, termasuk anggota keluarga teroris Gulzar Khan dari Pakistan yang meledakkan dirinya dekat Konsulat Amerika Serikat di Jeddah dan merupakan pemilik mobil yang digunakan untuk operasi pembom bunuh diri di Qatif.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengadakan pertemuan medadak dengan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir. Membicarakan tentang perlunya mengalahkan ISIS.

Kerry dan al-Jubeir juga membahas tentang transisi politik di Suriah, situasi di Libya, upaya mencapai resolusi politik di Yaman serta perkembangan terakhir antara Israel dan Palestina.

4 orang polisi terbunuh dan 5 terluka akibat serangan teror di tempat parkir dekat Masjid suci Nabawi. 2 petugas juga terluka dalam serangan di Jeddah, sementara serangan di Qatif, hanya pelaku yang tewas.

"Bangsa ini bangga pada para putranya yang berkorban nyawa untuk melindungi kita, dan kita tidak akan melupakan mereka. Mereka akan terus menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi negara ini", kata Putra Mahkota Mohammed bin Nayif saat menerima keluarga korban di Masjid Nabawi, hari Selasa. (Arabnews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.