Paket mayat tentara Iran (foto),
Beberapa media Iran dan Lebanon pada hari Senin malam kembali merilis berita kematian banyak warga Iran maupun milisi Syi'ah Hezbollah, termasuk tewas pejabat militer dan komandan lapangan oleh pejuang oposisi di beberapa front pertempuran, seperti Aleppo selatan.

Komandan militer Iran yang tewas adalah veteran perang Iran-Irak serta menduduki posisi penting dalam struktur Garda Revolusi Iran.

Ada 8 milisi Syi'ah asing yang tewas termasuk seorang pemimpin tinggi dari brigade al-Fatimiyun, Said Mohammed Hussein. Yang menurut media rezim Assad, ia tewas di Palmyra. Wilayah pertempuran dengan ISIS.

Kelompok teroris Syi'ah asal Lebanon, Hezbollah, juga mengumumkan kematian salah satu pemimpinnya, Khalil Ali Sayed Hassan yang tewas menyusul kematian saudaranya, Hassan, oleh pejuang oposisi.

Selain dari pihak Iran dan Hezbollah, kerugian tewas juga berasal milisi Syi'ah asing bayaran asal Afghanistan, termasuk Sayyid Hakim, pemimpin brigade al-Fatimiyun di sekitar Palmyra.

Perlu dicatat, koalisi oposisi Jaisyul Fath bertempur sengit melawan tentara Iran dan milisi Syi'ah asing di provinsi Aleppo, mengakibatkan lebih dari 100 milisi Syi'ah tewas.

Milisi Syi'ah asing, seperti Hezbollah, telah terlibat perang Suriah selama 4 tahun untuk mendukung presiden Basyar al-Assad dan dinasti Syi'ah Nushairiyah-nya, bersama partai Ba'ats di Suriah. Melawan revolusi yang dilakukan oleh kaum Muslim Sunni Suriah.

Assad menggunakan sentimen sektarian untuk menghimpun dukungan Syi'ah internasional. Contohnya Hezbollah, jika Assad tumbang maka kelompok militan Syi'ah ini otomatis akan terancam.

Iran berperan dalam merekrut, serta melatih milisi Syi'ah asal Afghanistan. Yang menurut laporan Amnesty International, mereka adalah para pengungsi di Iran yang diberi pilihan ikut perang beberapa bulan, atau ia dan keluarganya akan diusir dari Iran.

Selain bayaran, para milisi rekrutan tersebut dijanjikan bertugas untuk menjaga situs-situs suci keagamaan Syi'ah di wilayah Suriah. (Orient-news/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.