Kepala CIA John Brennan
Kepala CIA John Brennan berharap 28 halaman rahasia soal laporan Kongres Amerika Serikat terkait tragedi 11 September 2001 akan dipublikasikan. Dokumen ini menurutnya akan membebaskan dugaan keterlibatan Arab Saudi selama ini.

"Saya kira 28 halaman itu akan dipublikasikan dan saya mendukung publikasi itu dan semua orang akan melihat bukti bahwa pemerintah Saudi tak terlibat", kata Brennan dalam wawancara dengan televisi Al-Arabiya milik Saudi, Minggu 12/6), seperti dikutip CNN Indonesia.

Laporan tahun 2002 itu merupakan sumber perselisihan terkait apakah warga Amerika bisa menggugat pemerintah negara asing (termasuk Arab Saudi) terkait 9/11 atau tidak.

Senat AS pada 17 Mei lalu meloloskan rancangan undang-undang yang bisa mengizinkan keluarga korban 9/11 untuk menggugat. Gedung Putih menentang RUU itu, bahkan mengancam akan memvetonya.

Arab Saudi membantah menyediakan dukungan apa pun kepada 19 pembajak (sebagian besar berkewarganegaraan Saudi) €”yang menewaskan hampir 3.000 orang pada 11 September 2001.

Riyadh sendiri menentang keras RUU tersebut, dan telah memperingatkan pemerintah AS bahwa hal itu bisa merusak tradisi hubungan internasional tentang kekebalan diplomatik.

Beberapa pejabat AS juga menyatakan kekhwatiran jika lolosnya UU itu akan menimbulkan "pembalasan" serupa dari berbagai negara lain untuk memperkarakan para pejabat Washington di luar negeri.

Saudi mengatakan bahwa mereka mungkin saja akan menjual asetnya di AS senilai USD 750 miliar jika RUU itu lolos menjadi UU. Untuk menghindari risiko pembekuan oleh pengadilan AS jika ikut dipersalahkan.

Brennan mengatakan bahwa 28 halaman laporan itu sebenarnya hanya merupakan tinjauan awal.

"€œKemudian ditemukan, berdasar hasil laporan, bahwa tidak ada kaitan antara pemerintah Saudi sebagai negara atau institusi atau bahwa pejabat senior Saudi dengan serangan 11 September",€ jelas Brennan.

Mantan Senator Bob Graham, yang memimpin penyelidikan terhadap serangan 9/11 pada April lalu  mengatakan bahwa Gedung Putih sepertinya akan membuat keputusan terkait publikasi laporan pada Juni mendatang.(CNN Indonesia/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.