Indonesia mengecam keras serangan teror di Istanbul yang membunuh 11 orang dan mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kota itu agar berhati-hati serta menjauhi pusat keramaian.

Ledakan terjadi di Distrik Vezneciler yang merupakan salah satu tujuan wisata di Istanbul, Selasa (7/6) pukul 08.15 waktu setempat atau 12.15 WIB.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan simpati dan duka cita yang mendalam kepada rakyat dan pemerintah Turki, khususnya kepada korban dan keluarga korban”, bunyi pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia kepada CNN Indonesia.

Dari 11 korban meninggal, empat merupakan warga sipil dan tujuh lainnya adalah petugas polisi.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa seorang WNI berstatus mahasiswa terluka ringan akibat plafon ruang kelas yang roboh karena ledakan tersebut.

Ia adalah Azwar Abadi Arsyad, mahasiswa jurusan Fisika di Universitas Istanbul. Menurut Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul, Arsyad saat ini sudah kembali ke asrama.

“KJRI Istanbul akan terus melakukan koordinasi dengan otoritas terkait di Turki dan menghimbau WNI yang berada di Turki untuk menghindari pusat-pusat keramaian yang dapat menjadi target. Sedangkan WNI yang akan berpergian ke wilayah tersebut diharapkan dapat memperhatikan perkembangan situasi”, bunyi pernyataan Kemlu RI.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Serangan bom dilaporkan tidak mempengaruhi kehidupan kota yang masih normal-normal saja.

Saat ini terdapat sekitar 700 orang WNI yang berdomisili di Istanbul, sebagian besar adalah mahasiswa atau WNI yang telah memiliki pekerjaan tetap.

Sementara itu, untuk informasi lebih lanjut terkait situasi WNI di Istanbul, KJRI membuka hotline di nomor: +905319831534.

Istanbul dan ibukota Ankara, Turki, dalam setahun belakangan secara bergantian menjadi sasaran bom bunuh diri kelompok teroris PKK (Partai Pekerja Kurdi) dan ISIS. (CNN Indonesia/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.