Ilustrasi Putin-Hitler (foto),
Pemimpin Muslim Tatar dari Krimea, Mustafa Abduldzhemil Dzhemilev Kirimoglu, membandingkan presiden Rusia saat ini dengan mantan pemimpin fasis Jerman, Adolf Hitler.
 
Ia juga mengatakan jika Vladimir Putin bisa menghadapi akhir yang sama dengan diktator Nazi tersebut.

Berbicara di Toronto, Kanada, Kirimoglu mengatakan Hitler termasuk salah satu dari mereka yang ingin menduduki semenanjung Krimea, wilayah yang telah dicaplok Rusia sekitar dua tahun lalu. 

"Sekarang Rusia mengatakan bahwa 'Semenanjung Krimea adalah milik kami'. Hitler juga mengatakan ini dulu. Akhir Hitler telah diketahui. Saya percaya bahwa akhir Putin juga akan menjadi seperti Hitler", ujar Kirimoglu kepada Anadolu Agency.

Pada Maret 2014, Putin mengesahkan undang-undang yang mengklaim Krimea menjadi milik Federasi Rusia, setelah referendum yang banyak dikritik di wilayah otonomi Ukraina itu.

Langkah tersebut ditentang keras oleh Ukraina, Uni Eropa, dan AS, yang kemudian memberikan berbagai sanksi terhadap Moskow.

Menurut Kirimoglu, Ukraina mendukung warga Krimea dan komunitasnya yang menentang Rusia, ia juga menambahkan bahwa Ukraina juga menjadi "kunci" tentang masalah warga Tatar di Krimea.

Bulan lalu, seorang jaksa Krimea pro-Rusia membekukan majelis warga Muslim Tatar di sana.

Hal itu terjadi setelah Kirimoglu, yang mantan ketua majelis, menyerukan sanksi (bagi Rusia) agar mengakhiri pendudukan Krimea. (Anadolu Agency)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.