Abu Wahib ISIS (foto),
Serangan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) menewaskan komandan militer ISIS di Irak pekan lalu. Pentagon dalam pernyataannya, Senin (9/5), mengatakan kematian tokoh ISIS bernama Abu Wahib ini menambah panjang daftar petinggi militan itu yang tewas akibat serangan udara koalisi.

Juru bicara Pentagon Peter Cook mengatakan Abu Wahib dan tiga anggota ISIS lainnya terbunuh pada 6 Mei ketika berkendara dekat kota Rutbah, provinsi Anbar di barat Irak.

"Kepemimpinan ISIS sangat terpukul oleh serangan koalisi dan ini adalah salah satu contohnya", klaim Cook.

Abu Wahib adalah anggota lama ISIS. Ia memulai kehidupan sebagai militan di kelompok al-Qaeda Irak sebelum sempat ditahan pasukan AS pada pertengahan 2000-an.

Ia kemudian dipindahkan ke penjara Irak setelah AS menarik diri dari negara itu tahun 2011 dan dibebaskan tidak lama kemudian.

Kematian Abu Wahib sebelumnya beberapa kali diumumkan, namun ternyata tidak terbukti, seperti halnya para pemimpin ISIS lainnya.

Awal tahun ini, contohnya, Abu Wahib diyakini tewas dalam serangan udara dekat kota Hit dalam pertempuran antara ISIS dengan pasukan Irak.

Jika berita kematian kali ini benar, berarti ISIS kehilangan salah satu komandan tempurnya yang terkenal sadis. Abu Wahib dikenal melalui berbagai video pembunuhan yang dibuatnya sendiri.

Mirip pendiri al-Qaeda Irak, Abu Mushab az-Zarqawi, Abu Wahib gemar mengenakan pakaian hitam dan sering berada di depan kamera, berpose menembakkan senjata atau memamerkan kemampuan tempurnya.

Dalam salah satu videonya, Abu Wahib membunuh tiga supir truk asal Suriah yang dihentikan di jalan tol Irak pada 2013. Dalam video itu, ia mengatakan bahwa para korbannya tersebut adalah orang Syi'ah Suriah yang harus diperangi.

Kematian Abu Wahib menambah daftar pemimpin ISIS yang tewas oleh serangan udara AS. Beberapa tokoh penting yang tewas antara lain Abdul Rahman Mustafa al-Qaduli dan Abu Omar Shisani. (CNN Indonesia)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.