Menlu Saudi (foto),
Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Perancis, Le Figaro, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan jika al-Qaeda dan ISIS adalah dua organisasi teroris yang akan diatasi selanjutnya di Yaman.

"Al-Qaeda dan ISIS adalah organisasi teroris. Namun Houthi adalah bagian dari Yaman, mereka adalah tetangga kami yang bisa diajak melakukan perundingan", tegasnya.

Al-Jubeir mangaku optimis dengan proses perundingan politik yang sedang berlangsung di Kuwait antara pemberontak Syi'ah Houthi dan pemerintah sah Yaman yang diakui dunia.

Meskipun demikian, pembicaraan sendiri masih alot. Yaman dan koalisi telah mengancam akan merebut paksa Sana'a dari Houthi jika tak tercapai kesepakatan.

Pemerintah Yaman menuntut pelucutan senjata dan penarikan diri Houthi dari kota diduduki sebagai syarat untuk memulai proses politik apapun.

Dalam tweet di akun resminya, al-Jubeir menyebut bahwa apakah akan bertentangan atau sepakat dengan Houthi, mereka tetap ada sebagai bagian dari struktur sosial di Yaman.

Dalam tweet lain al-Jubeir mengatakan:

"ISIS dan al-Qaeda adalah organisasi teroris yang tidak boleh diberi kesempatan untuk ada di Yaman maupun di belahan dunia lainnya", ujarnya.

Sementara itu, pemerintah Yaman juga memuji Raja Salman dan pemerintah Saudi atas upaya mengembalikan legitimasi pemerintah sah dan menumpas "pengacau antek Iran".

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, kepresidenan Yaman memuji anggota koalisi yang telah ambil bagian dalam operasi pemulihan Yaman.

"Darah putra-putra Kerajaan (Saudi), negara-negara Teluk dan semua anggota koalisi lainnya telah bercampur dengan darah rakyat Yaman, dalam kehormatan dan kepahlawanan di pertempuran, serta akan terus menjadi inspirasi bagi hubungan Yaman dan negara-negara tetangganya", kata pernyataan itu.

Di lapangan, sebuah sumber resmi membantah adanya laporan berita yang menyebut bahwa presiden Yaman telah meminta pimpinan koalisi yang beroperasi di Aden agar menarik pasukan UEA dari Yaman.

Sumber itu juga memperingatkan bahwa ada "kekuatan jahat" yang berusaha keras merusak hubungan Yaman dengan saudara-saudaranya, dengan agenda untuk melayani musuh. (Arabnews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.