Serangan bom di Tartous (foto Twitter),
Lebih dari 120 orang tewas dalam rangkaian serangan yang diklaim oleh ISIS ke wilayah basis pendukung rezim Basyar al-Assad.

TV rezim Suriah juga melaporkan serangan, menyebut angka sementara tewas sebanyak 65 orang.

Bom mobil dan bom bunuh diri menghantam stasiun bus, rumah sakit dan lokasi lainnya di wilayah Tartous, dan Jabla, provinsi Latakia, pada hari Senin.

Menurut lembaga pemantau HAM Suriah, SOHR, ada sekitar 7 serangan, 3 di kota Tartous dan 4 di Jabla. 73 tewas di Jabla, sementara 48 lainnya di Tartous.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu melalui salah satu corong medianya, Amaq.

Peristiwa ini menjadi serangan signifikan yang jarang terjadi ke provinsi Tartous dan Latakia, 2 provinsi paling aman di Suriah.

Wilayah barat Suriah atau daerah pesisir pantai adalah basis minoritas Syi'ah Nushairiyah atau Alawite yang merupakan asal-usul rezim Assad.

Sebuah pangkalan angkatan laut Rusia terletak pesisir pantai Tartous, juga sangat dekat dengan pangkalan udara Rusia di Latakia.

Di luar peristiwa ini, kekerasan di Suriah kembali meningkat dalam seminggu belakangan. Dimana serangan udara rezim Assad telah membunuh piluhan warga sipil di Idlib dan Aleppo. (Al-Jazeera/SOHR)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.