Mullah Akhtar Mansour (foto),
Kelompok Islamis Pashtun, Taliban, membantah laporan yang menyebutkan serangan Drone Amerika Serikat (AS) telah membunuh pemimpin Taliban Afghanistan, Mullah Akhtar Mansour, bersama para pejuang lainnya di Pakistan.

Pada hari Sabtu, seorang pejabat AS mengatakan bahwa serangan pesawat tak berawak "mungkin telah membunuh" pemimpin Taliban itu di dalam wilayah Pakistan.


Serangan yang dilakukan di bawah pengesahan Obama itu berlangsung sekitar pukul 6 pagi waktu timur AS (10 GMT) hari Sabtu. 


Beberapa pesawat tak berawak AS menargetkan kendaraan di daerah terpencil di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan, yang terteletak di barat daya kota Ahmad Wal.

Pentagon menegaskan bahwa AS memang menyasar Mullah Akhtar Muhammad Mansour sesuai pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu.

"Kami masih mengkaji hasil serangan dan akan memberikan informasi lebih lanjut setelah tersedia", kata juru bicara Pentagon, Peter Cook.

Menurut Cook, Mullah Mansour adalah "hambatan" bagi rencana perdamaian karena menolak perundingan dengan pemerintah Kabul yang pro AS.

Menjelaskan bantahan Taliban atas kabar itu, mantan duta besar Afghanistan Omar Samad, mengatakan bahwa kabar kematian Mansour "harus dianggap serius".

"Ada peningkatan jumlah korban di pihak Taliban. Kabar ini, jika telah dipastikan, akan menjadi pukulan ganda bagi Taliban. Tidak hanya dari sudut pandang kepemimpinan politik, tapi saya juga mengira hal itu akan berdampak di medan perang", ujar Samad kepada Al-Jazeera.

Mullah Mansour diangkat sebagai pemimpin Taliban tahun lalu, setelah pengumuman kematian Mullah Omar (yang terjadi 2 tahun sebelumnya).

Ia telah menjadi bagian dari Taliban sejak tahun 1995, atau setahun setelah didirikan. Dan menduduki posisi penting kelompok itu.

Tidak seperti Mullah Omar, Mullah Mansour tidak hidup dalam persembunyian. Beberapa waktu ia tinggal di kawasan Quetta, Pakistan. Di daerah masyarakat Pashtun. (Al-Jazeera)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.