Pejuang FSA berhasil hentikan laju kelompok militan Kurdi Suriah yang berhubungan dengan teroris
Tentara Pembebasan Suriah (FSA) berhasil menghentikan kemajuan penting sayap militer partai sosialis Kurdi PYD di sebuah kota utara Suriah, meski dikabarkan mereka juga mendapat dukungan dari rezim Assad.

Kelompok Kurdi Suriah, PYD, yang memiliki sayap militan YPG dan telah lama disebut-sebut berhubungan dengan kelompok teroris PKK di Turki, baru-baru ini terus berupaya mencaplok sisa wilayah Aleppo utara yang berbatasan dengan Turki.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu Agency, pertempuran sengit terjadi selama beberapa hari terakhir di distrik Ashrafiya antara militer rezim Assad dan Rusia yang "mendukung" PYD, melawan faksi pejuang FSA.

Abu Karmo al-Idlibi, seorang komandan dari kelompok pejuang oposisi Jaisyul Tahrir (salah satu bagian FSA), mengatakan bahwa para pejuang oposisi terus berusaha untuk "menyelamatkan" Aleppo dari PYD Kurdi.

"Ketika PYD sedang tertekan, tampaknya rezim Assad datang memberi bantuan", ujarnya.

"Koordinasi antara keduanya (rezim-PYD) sangat jelas. Pesawat tempur rezim tahu persis dimana posisi yang diserang ketika memberikan dukungan udara pada PYD", jelasnya.

Rezim juga disebutnya telah membantu PYD melalui tembakan artileri dari posisi mereka di sisi lain Aleppo.

Salih Salloum, seorang komandan lapangan Jaisyul Tahrir yang lain, mengutuk ulah PYD saat mengarak mayat pejuang FSA yang mereka bunuh di kota Afrin. Ia juga menyatakan bahwa FSA mengubur mayat militan PYD yang tewas menurut cara Islam.

Kelompok militan Kurdi akhir-akhir ini terus menguat di utara Suriah setelah bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk tujuan melawan ISIS.

Namun mereka mulai menyerang kelompok oposisi dan mementingkan tujuan mereka dalam memperluas wilayah.

Turki berulang kali mengecam kerjasama AS dan militan YPG-PYD yang berhubungan dengan teroris PKK. Menurut Turki, hal seperti ini adalah bentuk standar ganda dalam upaya memerangi terorisme.

Sementara AS beralasan bahwa YPG adalah kelompok paling efektif dalam memerangi ISIS. (Anadolu Agency)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.