Kandidat PM baru Turki, Menteri Perhubungan Binali Yildirim (foto),
Nama Binali Yildirim, menteri perhubungan Turki, telah muncul sebagai perdana menteri baru negara itu, setelah partai berkuasa AKP secara resmi menunjuknya sebagai calon pemimpin partai.

Yildirim yang merupakan sekutu dekat Presiden Tayyip Recep Erdogan selama sekitar dua dekade, menjadi calon tunggal pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di kongres khusus pada hari Minggu, 22 Mei.

AKP mengadakan kongres khusus untuk memilih pemimpin baru setelah Ahmet Davutoglu mengumumkan pengunduran dirinya menyusul "keretakan" hubungan dengan Erdogan.

Dalam tradisi partai, pemimpin AKP otomatis akan ditunjuk sebagai perdana menteri Turki.

Penunjukan Yildirim dinilai akan terus memperkuat Erdogan dalam kekuasaan Turki.

Yildrim mengatakan bahwa pencalonannya merupakan hasil konsultasi dari sekitar 800 anggota penting AKP.

"Kami akan terus berkarya dengan kerja yang penuh keselarasan, terutama dengan pendiri dan pemimpin partai, juga kolega-kolega kami di semua jajaran partai untuk memenuhi target kami, (yaitu) Turki yang hebat", kata Yildirim.

Erdogan, meski secara struktur bukan lagi pemimpin AKP karena menjadi presiden, namun ia adalah pendiri dan pemimpin spiritual partai yang mengusung semangat neo-Utsmaniyah itu.

Yildirim pernah menjabat sebagai direktur jenderal Perusahaan Feri Istanbul (IDO) pada kurun waktu 1994-2000, dimana Erdogan adalah walikota Istanbul.

Pada Agustus 2001, Yildirim masuk ke dalam arena politik dan menjadi bagian dari pendiri AKP, bersama Erdogan.

Ia menjadi anggota parlemen setahun kemudian, lalu diangkat menjadi menteri perhubungan, namun mundur pada tahun 2014 karena mencalonkan diri sebagai gubernur Izmir dalam sebuah pilkada.

Yildrim kalah dari kandidat oposisi, Aziz Kocaoglu. Ia juga tidak masuk daftar calon legislatif AKP dalam pemilu 2015 karena aturan politik.

Dalam periode ini, Yildrim ditunjuk menjadi penasihat Erdogan, sebelum akhirnya menjadi anggota parlemen lagi dan kemudian diangkat sebagai menteri perhubungan. (Al-Jazeera)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.