Dua perempuan Iran ikut ber-Haji di tanah suci (foto),
Pemerintah Arab Saudi pada hari Selasa (24/5) menerima permintaan perwakilan dari Republik Syi'ah Iran untuk menandatangani kesepakatan haji antara dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik ini.

Hari Rabu, delegasi Iran dilaporkan tiba di Saudi untuk menindaklanjuti kesepakatan haji. Hal tersebut akan memungkinkan warga Iran bisa ikut berhaji.

Hamid Muhammadi, wakil ketua organisasi 'Haji Iran', mengatakan bahwa pihak berwenang Saudi mengirim undangan pada organisasinya berkaitan dengan pengaturan haji tahun ini.

Menurut seorang pejabat Iran, sebuah delegasi haji yang dipimpin oleh Kata Awhadi, mengunjungi Saudi untuk putaran kedua negosiasi pada hari Rabu (25/5).

Pembicaraan lanjutan terjadi karena dalam pertemuan sebelumnya, delegasi Iran menolak menandatangani perjanjian masalah haji yang wajib dilakukan oleh semua negara pengirim jama'ah dengan Saudi.

Kabinet Saudi pada pekan lalu mengecam pemerintah Teheran karena mempolitisasi haji dengan menolak menandatangani perjanjian, sehingga mencegah warganya dari mengikuti ibadah rutin tahunan itu.

Titik ketidaksepakatan adalah tentang pengeluaran visa, Iran menuntut visa bisa dikeluarkan di dalam negaranya melalui kedutaan negara lain yang mengurusi kepentingan Saudi.

Sementara Saudi menolaknya dan tidak siap karena telah menutup semua misi diplomatiknya di negara Syi'ah itu. Riyadh meminta visa haji Iran diurus melalui negara ketiga yaitu Uni Emirat Arab (Dubai).

Jama'ah asal Iran mayoritasnya adalah pemeluk sekte Syi'ah Imamiyah, dimana ajarannya dianggap sesat (dan kufur) oleh para pemuka agama dalam tradisi Muslim (Sunni).

Namun Ulama Saudi yang beraliran Sunni-Wahabi tidak memvonis kafir pada para pemeluk Syi'ah awam asal Iran secara personal, sehingga tetap menerima mereka sebagai pemegang identitas "Muslim", termasuk para pemimpin politik Iran. (Arabnews/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.