Ilustrasi bantuan kemanusiaan (foto Reuters),
Bantuan kemanusiaan internasional pada tahun lalu mencapai rekor USD 28 miliar, angka ini muncul jelang KTT Kemanusiaan Dunia pertama di Turki pekan depan.

Data ini dikeluarkan oleh lembaga riset Inggris, IndependentUK, pada hari Kamis, dan mencatat kenaikan selama 3 tahun berturut-turut.

Meskipun terjadi kenaikan dari para donatur, baik pemerintah maupun pribadi, tapin kebutuhan sebenarnya jauh melampaui kedermawanan masyarakat dunia.

Salah satu tujuan utama KTT Kemanusiaan di Turki pada 23-24 Mei nanti adalah menemukan cara untuk meningkatkan jumlah donasi dan efektivitas penggunaan dana dalam membantu korban perang maupun bencana alam.

Berikut beberapa fakta maupun angka tentang bantuan kemanusiaan menurut Development Initiatives, yang akan merilis laporan lengkanyap pada bulan Juni:
  1. Jumlah bantuan kemanusiaan internasional pada tahun 2015 adalah $ 28 miliar, mencatat volume tertinggi dan meningkat 12 persen dari 2014.
  2. Sumbangan Pemerintah naik hampir 11 persen pada tahun 2015, menjadi USD 21,8 miliar dari USD 19,6 miliar
  3. Sumbangan negara-negara Teluk meningkat tajam hingga 500 persen dalam 4 tahun terakhir untuk bantuan bagi Timur Tengah dan Afrika Utara
  4. Sumbangan pribadi mengalami peningkatan (yang diperkirakan sekitar) 13 persen menjadi USD 6,2 miliar pada 2015
  5. Di tahun 2015, kekurangan bantuan adalah 45% dari yang diminta melalui program-program PBB
  6. Krisis terbaik diatasi pada tahun 2015 adalah Irak, dengan 74 persen kebutuhan kemanusiaan berhasil didanai, sementara Gambia adalah yang paling buruk didanai, hanya menerima 5 persen dari apa yang diminta
  7. Sekitar tiga perempat dari mereka yang hidup dalam kemiskinan parah, 677 juta orang, berada di negara bermasalah sehingga mereka rentan mengalami krisis 
(Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.