Binali Yildirim dan istrinya yang berjilbab (foto),
Perdana Menteri bakal resmi Turki menyatakan prioritas utama pemerintahan barunya nanti adalah untuk merampungkan konstitusi baru yang menyerahkan kekuasaan eksekutif pada presiden.

Langkah ini akan memberi Presiden Tayyip Erdogan kekuasaan lebih luas dan lama, seperti yang diupayakannya selama ini melalui AKP.

Yildirim juga mengatakan bahwa dirinya akan terus melawan kelompok teroris, yaitu ISIS dan militan Kurdi, baik di Turki maupun di Suriah. Menurutnya, perubahan politik tidak akan mempengaruhi kebijakan tersebut.

"Masalah-masalah bangsa ini, maupun rasa cinta terhadap bangsa ini adalah tanggung jawab presiden. Konstitusi baru nanti adalah sistem eksekutif presidensial", tegas Yildrim.

Yildirim yang saat ini menjabat sebagai menteri perhubungan saat ini merupakan sekutu dekat Erdogan sejak sekitar dua dekade belakangan.

Menjadi satu-satunya calon pemimpin partai penguasa, AKP. Dimana menurut tradisi politik, kepala partai otomatis akan menjadi Perdana Menteri Turki.

Ia akan menggantikan Ahmet Davutoglu yang mengumumkan pengunduran dirinya beberapa waktu lalu, karena "ketidaksepakatan" dengan Erdogan.

Sebagai salah satu pendiri AKP sebagaimana Erdogan, Yildirim telah menjadi sosok di balik kesuksesan proyek-proyek infrastruktur besar di Turki, ia juga salah satu pilar kesuksesan AK dalam pemilu di awal-awal berkuasa.

Yildrim dipandang sebagai sekutu yang membantu mewujudkan dua tujuan politik utama Erdogan, yaitu sistem presidensial dan memerangi teroris PKK (Partai Pekerja Kurdistan).

Erdogan dan para pendukungnya melihat sistem presidensial (sebagaimana Indonesia maupun Amerika Serikat) sebagai jaminan menghadapi koalisi oposisi di parlemen yang sering menghambat pemerintahan di era 90-an.

Lawan-lawan politik memandang AKP dan Erdogan tengah mengejar ambisi kekuasaan mereka sendiri. (Reuters)

Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.