Milisi Syi'ah pro Assad yang tewas dalam satu pertempuran melawan oposisi (foto),
Koalisi besar oposisi Suriah, Jaisyul Fath, mengumumkan pembebasan wilayah Khan Touman di selatan pinggiran Aleppo di subuh hari ini setelah pertempuran sengit dengan pasukan Assad dan milisi Syiah pendukung.

Koresponden media pro oposisi Suriah, Orient-news, melaporkan tewasnya puluhan milisi sektarian Syi'ah yang mendukung rezim Assad dalam pertempuran itu. Beberapa milisi lainnya juga ada yang ditangkap.

Khan Touman adalah benteng militer pasukan Syi'ah asing yang berperang di pihak Assad, sebelumnya beberapa bom Birmil/barrel dilaporkan juga dijatuhkan oleh helikopter rezim.

Kemenangan ini terjadi menyusul pembebasan desa al-Khalidiyah, salah satu lokasi strategis di selatan pinggiran Aleppo, karena dekat dengan jalan utama Aleppo-Damaskus.

Kemenangan juga terjadi di daerah Tall Hamirah. Foto-foto menunjukkan mayat-mayat milisi Syi'ah dan orang-orang yang tertangkap.

Pasukan Assad sendiri dilaporkan telah membunuh 8 warga sipil dan melukai beberapa lainnya setelah menargetkan kota al-Karamil di selatan pinggiran Aleppo dengan rudal.

Jaisyul Fath yang sukses merebut hampir seluruh provinsi Idlib setahun lalu, kini tengah melancarkan operasi ofensif di Aleppo.

Sebenarnya Aleppo sedang terjadi gencatan senjata antara oposisi dan rezim Assad. Namun pertempuran terus terjadi karena ada faksi Jabhah Nushrah (al-Qaeda) yang di luar gencatan senjata dan masuk list "teroris" PBB.

Di satu sisi, rezim Assad sering menggunakan JN untuk legitimasi serangan ke wilayah oposisi. Namun di sisi lain, nama JN juga menjadi "tameng" kelompok oposisi (yang mem-back up dari belakang) untuk tetap memukul milisi Assad. (Orient-news/SRN)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.