Ilustrasi tentara Iran yang tewas (foto),
Jumlah pasukan yang tewas dari kedua pihak akibat pertempuran di Aleppo selatan melonjak hingga 119 orang.

Sementara hasil pertempuan pekan kemarin membuat rezim Assad kehilangan kontrol di daerah Khan Touman, al-Khalidia dan bukit-bukit di sekitarnya

Lembaga pemantau HAM Suriah, SOHR, memperoleh informasi dari sumber terpercaya bahwa jumlah pasukan tewas di pihak rezim dan milisi Syi'ah impor adalah 62 orang.

Diantaranya terdiri dari 20 kombatan Iran (13-nya adalah tentara resmi), 6 anggota kelompok teroris Hezbollah Lebanon, 15 milisi dari Afghanistan, 8 milisi dari batalion al-Najbah Irak, dan hanya 13 orang yang merupakan tentara rezim.

Artinya, hampir 80% petempur yang tewas di pihak Assad adalah orang asing. Terutama para sipil yang dipersenjatai untuk bertempur.

Sementara di pihak pejuang Jaisyul Fath dan sekutunya, gabungan oposisi dan kelompok Islamis, Jabhah Nushrah, Jundu al-Aqsa, pejuang Turkistan, dan kombatan asing lain, kehilangan 57 anggotanya.

Jaisyul Islam dikritik keras warga Ghouta
Dalam laporannya, SOHR juga menerima salinan pernyataan yang dirilis para ilmuwan Ghouta timur, untuk mengecam penyerangan kawasan Mesraba dan Madira oleh Jaisyul Islam dengan senjata berat, sehingga menakuti, membunuh, dan menangkapi warga sipil.

Berikut poin-poin pernyataan para ilmuwan tersebut:
  1. Warga Ghouta telah menghadapi rezim, serta masih cukup kuat untuk menghadapi Jaisyul Islam
  2. Menuntut Jaisyul Islam agar menghentikan tindakan tak jelas atau pemutarbalikan fakta karena bisa menyebabkan pertumpahan darah lebih banyak
  3. Menuntut Jaisyul Islam segera menarik kembali pasukannya dari kawasan yang diserangnya dan mengirim mereka untuk melawan rezim
  4. Tidak benar klaim Jaisyul Islam bahwa ekstrimis ISIS telah masuk ke kawasan tersebut
  5. Menuntut Jaisyul Islam agar melepaskan semua tahanan di Ghouta timur
Konflik Jaisyul Islam dan beberapa faksi lain telah terjadi di Ghouta selama beberapa pekan terakhir. (SOHR/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.