Jet F-16 Turki
Militer Turki dilaporkan berhasil menewaskan 362 anggota teroris Daesh/ISIS serta melukai 123 militan lainnya, dalam rangkaian serangan artileri ke wilayah Suriah sepanjang tahun 2016 ini.

Menurut menteri pertahanan Turki, pengeboman dilakukan sebagai balasan atas serangan di sekitar perbatasan dari arah suriah.

Melalui sebuah konferensi pers di kantor kegubernuran regional provinsi Kilis, Ismet Yilmaz mengatakan kepada wartawan bahwa militer Turki telah melancarkan 1.117 serangan artileri yang menyasar mencapai 146 titik di barat laut Suriah sejak tanggal 9 Januari hingga 12 April.

Provinsi Kilis dihantam sejumlah roket yang ditembakkan dari Suriah beberapa hari belakangan. Awal pekan ini sejumlah roket ditembakkan dari daerah al-Bab, Aleppo, yang berada di bawah kontrol ekstrimis ISIS. Sehingga melukai setidaknya 20 orang, dua diantaranya akhirnya meninggal dunia.

Beberapa roket kembali ditembakkan dari wilayah yang sama pada hari Rabu kemarin, tetapi tidak ada laporan jatuhnya korban.

Dua korban luka akibat serangan roket awal pekan dilaporkan masih berada dalam kondisi kritis, sementara lima korban lain yang masih dirawat mulai membaik.

Sebelumnya ada 4 orang terbunuh pada bulan Januari dan Maret karena roket ditembakkan dari al-Bab mengenai sekolah dan pemukiman.

Yilmaz juga menjamin jika para korban akan dibantu dan semua kerugian serangan teroris ditanggung oleh negara.

Ia merincikan bahwa militer Turki telah menghancurkan 36 Katyusha (peluncur roket), 15 posisi sniper, 40 bangunan markas ISIS, 19 lokasi peluncuran mortir, 7 gudang amunisi, sebuah Tank dan meriam, 17 tempat perakitan bahan peledak dan 10 buah mobil untuk bom bunuh diri.

Saat ini Turki terus meningkatkan dan pengetatan keamanan di daerah perbatasan. Termasuk membangun dinding beton tahan roket sepanjang ratusan kilometer di perbatasan.

Turki juga telah menangkap ratusan orang yang diduga mencoba melintasi perbatasan.

Menurut lembaga pemantau HAM Suriah, SOHR, beberapa kali pasukan penjaga perbatasan Turki menembaki orang yang dicurigai di sekitar garis perbatasan pada tahun ini. (Anadolu Agency/SOHR)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.