Foto: Pasukan pro pemerintah Yaman,
Sumber koalisi pimpinan Saudi mengklaim bahwa lebih dari 800 anggota al-Qaeda Yaman (AQAP) telah terbunuh dalam serbuan pasukan pro pemerintah Yaman dan bombardir koalisi Arab di basis AQAP di kota Mukalla.

Dalam sebuah pernyataan  koalisi yang dikutip oleh kantor berita resmi Saudi, SPA, pada Minggu, bahwa banyak anggota al-Qaeda telah mundur dari ibukota provinsi Hadramaut itu, yang telah mereka kuasai selama setahun belakangan.

Namun klaim korban tewas ini tidak bisa diverifikasi secara independen.

Sementara menurut Iona Craig, seorang jurnalis yang sempat berada di Mukalla bulan lalu dan berkorespondensi dengan penduduk setempat, klaim koalisi disebutnya sebagai sesuatu yang "sangat konyol".

Ia juga menyebut bahwa tak ada pertempuran berarti karena al-Qaeda telah mundur.

"Tidak sampai ada 800 militan yang di sana... Bahkan tidak ada pertempuran di dalam kota karena al-Qaeda telah mundur", ujarnya pada Al-Jazeera.

Craig mengatakan, satu-satunya bentrokan yang terjadi adalah di jalur masuk ke kota Mukalla. Sedangkan serangan udara sejak hari Sabtu menargetkan secara berulang tempat sama yang telah dibom sebelumnya.

Ia juga menjelaskan bahwa negosiasi telah berlangsung selama dua minggu terakhir untuk membiarkan militan al-Qaeda pergi dan mereka telah diberikan akses bebas pergi ke luar kota. (Al-Jazeera)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.