Raja Abdullah II bersama Raja Salman (foto),
Arab Saudi dan Yordania menandatangani kesepakatan untuk menciptakan badan bersama yang akan mengatur kerjasama bilateral meliputi isu terorisme dan berbagai ancaman di kawasan itu.

Dewan kerjasama antara Saudi-Yordania itu ditandatangani setelah pertemuan antara Raja Salman dan Raja Abdullah II dari Yordania di istana al-Yamamah, Riyadh, pada hari Rabu (27/4).

"Kedua pihak mengadakan pertemuan yang membahas perkembangan terbaru kawasan regional dan internasional. Mereka juga membahas aspek kerjasama antara kedua negara dan cara-cara untuk memajukan di segala bidang,", kata pernyataan bersama kedua negara.

Menurut pernyataan itu, keputusan mendirikan dewan bersama adalah tindak lanjut dari hasil kunjungan ke Yordania Wakil Putra Mahkota, Muhammad bin Salman, pada awal bulan ini atas undangan Raja Abdullah.

Dalam pertemuan di Yordania, kedua pihak telah menyepakati berbagai langkah untuk memerangi terorisme, menghadapi konflik di kawasan, serta melawan pengaruh Iran di beberapa negara sekitar.

Dewan kerjasama ini akan dipimpin secara bersama oleh Pangeran Muhammad bin Salman dan Perdana Menteri Yordania, Abdullah Ensour.

Menjadi wadah peningkatan konsultasi politik serta koordinasi mengenai isu-isu bilateral, regional dan internasional, melalui pertemuan yang akan diadakan secara berkala.

Raja Abdullah dan Raja Salman menyaksikan langsung penandatanganan kesepakatan oleh Menteri Luar Negeri Saudi, Nizar bin Obaid Madani, dan Nasser Yehuda, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Yordania. (Arabnews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.