Seorang pemain dicukur sebelum diizinkan bermain
Otoritas olahraga Saudi mengambil tindakan tegas terhadap gaya rambut pemain sepak bola yang dianggap tidak sesuai Islam, demikian media lokal melaporkan.

Akhir pekan ini momen luar biasa terjadi di Arab Saudi. Seorang kiper dipaksa untuk mencukur rambutnya.

Jika tidak, ia tak boleh bermain. Akhirnya sang kiper mencukur rambutnya. Ia dibantu oleh dua staf tim untuk memotong rambutnya di pinggir lapangan.

Kejadian ini mencuat setelah sebuah video yang diposting secara online hari Jumat menunjukkan  seorang wasit menggunakan gunting untuk menghapus gaya rambut mohawk kecil sang kiper.

Mohawk adalah sejenis gaya rambut yang memotong habis bagian sisi kiri dan kanan hingga menyisakan bagian tengahnya saja dari depan hingga belakang serupa dengan bentuk rambut kuda.

Kepala organisasi pemuda kerajaan Saudi hari Selasa meminta federasi sepakbola Saudi SAFF  untuk “melarang fenomena qaza’” (tindakan mencukur sebagian rambut dan meninggalkan sebagain lain).

Seorang komentator menulis di surat kabar Aljazeera pada hari Jumat, mendesak federasi sepak bola Saudi untuk “menjatuhkan sanksi” pada pemain bola yang  bertentangan dengan Islam dan tradisi masyarakat setempat.

Ia juga mendesak federasi menerapkan sanksi terhadap pemain yang membuat mode rambut aneh yang dikhawatirkan mempengarui  penggemar mereka, khususnya siswa sekolah.

Seperti diketahui, Arab Saudi memiliki banyak pemain sepak bola profesional asing yang bermain untuk tim lokal. Meski demikian, Saudi menerapkan peraturan ketat Islam. (Hidayatullah)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.