Foto tentara Iran yang tewas (SRN pict)
Tiga personil militer Iran dilaporkan tewas pada Senin (11/4) akibat pertempuran antara pasukan rezim Assad dengan kelompok perlawanan yang tidak masuk kesepakatan gencatan senjata.

Media Iran mengkonfirmasi kematian Mohsen Qitaslo, seorang perwira Pasukan Khusus dari Brigade 65 Iran, serta Hussein Bevvas dan Taki Salhorde, yang merupakan anggota dari "pasukan elit" Garda Revolusi Iran.

Sedangkan seorang anggota Garda Revolusi keempat, bernama Seccad Khalili, disebutkan mengalami luka parah.

Pekan lalu, Ali Arasteh, wakil koordinator militer Iran, menyatakan bahwa kontingen Brigade 65 telah dikirim ke Suriah untuk menjadi "penasehat" militer bagi rezim Assad.

Iran kehilangan sejumlah personel militernya akibat perang di Suriah yang terus berlangsung hingga saat ini. Bahkan beberapa yang tewas termasuk komandan penting, mereka tewas oleh pejuang oposisi maupun di tangan ekstrimis ISIS.

Meskipun demikian, negara Syi'ah itu membantah adanya keterlibatan resmi militernya di Suriah.

Teheran biasanya mengklaim bahwa tentaranya yang tewas di Suriah datang untuk misi sebagai "relawan" atau "penasehat militer", mereka digambarkan sebagai para veteran yang membantu strategi rezim.

Menurut pejuang oposisi Suriah, di beberapa front Aleppo mereka bertempur bukan melawan tentara rezim Suriah, tetapi melawan tentara Iran dan milisi Syi'ah asing bayaran.

Selama beberapa tahun terakhir, tentara Iran bersama milisi Syi'ah asing serta kelompok teroris Hezbollah (Lebanon) telah bertempur di Suriah untuk mendukung rezim Basyar al-Assad.

Bahkan lembaga Amnesty internasional menyebut jika Iran merekrut milisi Syi'ah (yang berperang di Suriah) dari para pengungsi Afghanistan. Pemerintah Iran memaksa pengungsi menjadi milisi bayaran atau diusir dari Iran. Para milisi sektarian ini juga dijanjikan akan bertugas menjaga situs-situs keramat Syi'ah. (Anadolu Agency/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.