ISIS bersenjata melempar senyum ke arah tentara NATO Turki
Kepolisian Turki menangkap 10 tersangka anggota kelompok ISIS dalam penggerebekan di kota mayoritas berpenduduk Kurdi, Bingol, di Turki tenggara, hari Kamis (10/3).

Kepolisian menyebut bahwa mereka telah melakukan perekrutan dan diduga tengah merencanakan serangan.

ISIS banyak menguasai wilayah di Irak dan Suriah, termasuk berbagi perbatasan dengan Turki. ISIS juga dituduh oleh pihak berwenang Turki bertanggung jawab atas empat serangan teroris bom bunuh diri sejak tahun lalu.

Dalam serangan terakhirnya, pada 12 Januari lalu, pengebom bunuh diri ISIS menewaskan 12 wisatawan asal Jerman yang sedang berada di kawasan Sultanahmet, Istanbul.

Pekan ini, Turki menuding ISIS di Suriah melakukan tembakan artileri lintas perbatasan hingga menewaskan dua orang.

Para pejabat setempat memperkirakan ada sekitar 2.000 warga negara Turki yang sudah berangkat ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan ISIS. Sementara lembaga-lembaga peradilan Turki sudah menahan lebih dari 800 orang terkait ISIS.

Turki merupakan negara transit bagi para pendukung ISIS sebelum masuk ke Suriah dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baru-baru ini Risalah menerima kabar beberapa warga Indonesia kembali berhasil menyeberang ke Suriah melalui Turki untuk masuk ke wilayah kekuasaan ISIS.

Banyak dugaan jika intelijen Turki sengaja menggunakan ISIS untuk dibenturkan dengan kelompok Kurdi yang juga sama-sama mengancam Ankara. Seperti dengan "melonggarkan" link/jalur bagi pendukung ISIS memasuki Suriah. (Antaranews/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.