Kementerian dalam negeri Turki menyatakan bahwa seorang anggota teroris Daesh/ISIS yang berasal dari Turki adalah pelaku bunuh diri di Istanbul, pada hari Sabtu (19/3), yang menewaskan tiga warga Israel dan seorang warga Iran.

Bom mengguncang Istiklal Street, kawasan perbelanjaan paling populer di Istanbul. Menjadi serangan teror keempat di Turki di tahun 2016, 2 kali oleh ISIS dan 2 kali oleh teroris komunis PKK.

Pada minggu kedua Januari, seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di jantung bersejarah Istanbul, 12 wisatawan Jerman menjadi korban.

Turki terus siaga di tengah meningkatnya ancaman terorisme, yang telah membunuh lebih dari 80 orang tahun ini.

Pasca serangan Sabtu, sebuah pertandingan sepakbola pada hari Minggu di Istanbul antara Fenerbahce dan Galatasaray dibatalkan dan stadion dikosongkan untuk menghindari resiko ancaman keamanan.

Menteri Dalam Negeri Turki, Efkan Ala, mengkonfirmasi bahwa pelaku bom bunuh diri di Istiklal adalah seorang laki-laki berusia 24 tahun dari wilayah Turki selatan, lima orang juga telah ditahan yang diduga terlibat ledakan tersebut.

"Kami telah memastikan bahwa Mehmet Ozturk, yang lahir pada tahun 1992 di Gaziantep, adalah pelaku serangan biadab pada hari Sabtu di Istanbul. Kami juga memastikan bahwa ia adalah anggota Daesh (ISIS)", jelas Ala dalam konferensi pers televisi setempat.

Ledakan ini selain menewaskan pelaku, juga membunuh 4 orang lainnya, serta melukai 36 orang di jalanan. 3 korban tewas dan belasan luka dilaporkan adalah warga Israel, sementara 1 korban tewas lainnya adalah warga republik Syi'ah Iran.

Dalam pernyataannya, Presiden Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki tidak akan kalah oleh para teroris.

"Kami tidak akan pernah menyerah (kalah) pada agenda teroris. Kami akan mengalahkan organisasi teroris dan kekuatan di belakang mereka, dengan melihat persatuan bangsa kita", katanya. (Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.