Milisi Houthi
Seorang pejabat Komite Revolusi Houthi, Yousef al-Feshi, meminta Iran untuk tidak mencampuri konflik di Yaman.

Al-Feshi dilaporkan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan pemimpin Houthi Abdul Malik al-Houthi.

Pernyataan ini muncul menyusul komentar seorang jenderal Iran yang menyarankan Teheran membuka kemungkinan mengirim penasihat militer untuk membantu pemberontak Houthi melawan koalisi Arab dan pemerintah Yaman.

Kritik keras Houthi terhadap Iran adalah sesuatu jarang terjadi, karena pemberontak Syi'ah ini merupakan sekutu Teheran. Bahkan Iran kerap dituduh menjadi beking Houthi dan sekutunya.

"Para pejabat Republik 'Islam' Iran harus diam dan mengesampingkan agenda untuk mengeksploitasi Yaman", ujar Feshi dalam tulisannya di akun media sosial Facebook.

Brigadir Jenderal Masoud Jazayeri, seorang wakil kepala staf angkatan bersenjata Iran, menyarankan tentang kemungkinan negaranya mengirim penasehat militer dan membantu pemberontak Syi'ah sebagaimana bantuan Iran terhadap rezim Assad di Suriah.

Komentar ini muncul hampir bersamaan dengan kunjungan delegasi Houthi ke Saudi untuk membicarakan tentang perang Yaman.

Tak lama kemudian Saudi dan Houthi sepakat melakukan pertukaran tawanan, serta mengadakan gencatan senjata di perbatasan.

Dalam pertukaran, tujuh warga Yaman yang ditahan Saudi akan ditukarkan dengan pembebasan seorang letnan Saudi, Kopral Jaber al-Kaabi.

Kesepakatan semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan menjadi perkembangan signifikan antar 2 pihak yang berperang, setelah Saudi memimpin intervensi militer membantu pemerintah Yaman melawan pemberontak Syi'ah Houthi.

Presiden Yaman, Mansour Hadi, sebelumnya telah mengklaim kemajuan besar pasukannya dalam perang ini. Dimana 85% wilayah Yaman berada di tangan pemerintah dan tinggal selangkah lagi membebaskan ibukota Sana'a yang dicaplok pemberontak Syi'ah sejak September 2014. (CNN Indonesia)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.