Bakteri Treponema pallidum
Peningkatan jumlah penderita penyakit menular seksual Sifilis terjadi secara tajam di Las Vegas, Nevada, Amerika serikat (AS).

Mudahnya mencari pasangan seks bebas melalui sosial media dan aplikasi kencan dituding sebagai faktor utama peningkatan penyakit.

Bahkan menurut laporan pemerintah AS, penyakit Sifilis menjadi wabah di kota maksiat tersebut. Terutama terjadi pada kaum homo.

Menurut departemen kesehatan setempat, peningkatan penderita Sifilis terjadi hingga 128 persen sejak tahun 2012.

Dimana pada tahun 2015 saja terjadi 694 kasus yang tercatat, dengan 615 diantaranya diderita oleh laki-laki.

Selain Nevada, kantong-kantong wabah Sifilis di AS dalam beberapa tahun terakhir, diantaranya adalah Kansas, Pennsylvania dan Hawaii. Menurut data 2014, terjadi peningkatan 15 persen kasus Sifilis.

Para dokter dan petugas kesehatan Nevada menyalahkan media sosial pencari pasangan sebagai faktor utama penyebab mewabahnya penyakit kelamin, seperti peningkatan penggunaan aplikasi kencan di Smartphone.

Terutama aplikasi "kencan" yang menghubungkan para penyuka sesama jenis atau homo/gay. Menyebabkan mayoritas penderita Sifilis terbaru yang mewabah di Nevada berasal dari kaum penyuka dubur ini, atau laki-laki yang menyukai laki-laki.

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang telah tercatat sejak zaman Romawi, Disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.

Penyakit ini menyebar melalui kontak seksual atau kulit yang terbuka oleh luka. Biasanya terjadi kontak di daerah kemanuan, dubur dan mulut.

Gejalanya tidak selalu jelas dan dapat terus berkembang selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, jika tanpa pengobatan. Pada tahap awal, Sifilis bisa diobati dengan antibiotik seperti Penisilin.

Tanpa pertolongan medis, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Gejala Sifilis stadium akhir atau berat, bisa menyebabkan kesulitan koordinasi gerakan otot, mati rasa, kelumpuhan, kebutaan dan demensia (penurunan funsi otak). Termasuk kerusakan organ internal dan dapat berakhir menjadi kematian. (CNN Indonesia/CBS news)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.