Forum Liga Arab
Liga Arab menyatakan penolakan terhadap deklarasi sepihak wilayah federal di Suriah utara yang secara de-facto dikuasai militan Kurdi.

Deklrasi dilakukan oleh kelompok PYD pada minggu lalu. PYD manurut pemerintah Turki berhubungan dengan kelompok teroris PKK di selatan Turki.

Deputi pimpinan liga, Ahmed bin Helli, pada Senin kemarin mengatakan bahwa pemecahan wilayah menjadi negara federal akan berdampak pada persatuan Suriah.

“Liga Arab menolak deklarasi separatis yang merugikan persatuan Suriah itu. Persatuan Suriah dan integritas teritorial adalah prinsip utama dari Liga Arab... Setiap pernyataan oleh orang Suriah atau selain Suriah yang mengancam persatuan negara harus ditolak”, jelas Ahmed bin Helli.

Ia juga berharap bahwa perundingan Jenewa antara rezim Assad dan oposisi Suriah dapat menghasilkan solusi politik untuk mengakhiri perang.

Kamis pekan lalu, pertemuan sekitar 200 tokoh perwakilan Kurdi yang digagas PYD telah mendeklarasikan wilayah federal. Mereka membantah jika federalisasi sebagai bentuk separatisme dan menilai ini adalah upaya untuk mempertahankan keutuhan Suriah.

Kelompok PYD dengan milisi tempur YPG menguasai lebih dari 10 persen wilayah Suriah di utara. dimana berbatasan langsung dengan Turki dan Irak.

Militan YPG adalah sekutu Amerika Serikat (AS) dalam perang melawan teroris ISIS di utara Suriah. Mereka memanfaatkan momentum konflik Suriah untuk mengangkat etnis minoritas Kurdi yang selama bertahun-tahun menjadi "kelas lain" dalam pemerintahan keluarga Assad.

Kelompok ini dilaporkan telah mengusir warga Kurdi lain atau etnis Arab yang menolak mereka. Sentimen anti Arab dan beberapa aksi pembersihan etnis dari suatu wilayah dilaporkan dilakukan oleh YPG. Mereka juga menyerang oposisi Suriah di Aleppo utara

Organisasi PYD sendiri bukanlah bagian dari perundingan politik di Jenewa antara rezim dan oposisi yang disponsori PBB. (Daily Sabah/Daily Star/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.