Houthi
Sebanyak tujuh orang warga Yaman yang terkait Houthi dilaporkan telah dilepas Arab Saudi dalam pertukaran dengan salah satu tentaranya.

Pertukaran ini menjadi pertama kali terjadi sejak koalisi Arab melakukan operasi militer di Yaman untuk membantu pemerintah sah.

Menurut kantor berita SPA, tokoh suku Yaman yang memfasilitasi dan mengkoordinasi terjadinya pertukaran tawanan, 7 orang Houthi ditukar dengan Kopral. Jaber al-Kaabi. Para tokoh suku Yaman juga akan membantu memfasilitasi pengiriman bantuan ke berbagai desa.


Ketujuh warga Yaman yang terkait Houthi ditahan di daerah operasi militer dekat perbatasan, tetapi laporan tidak merinci dimana lokasi pertukaran terjadi.


Sebelumnya melaporkan bahwa delegasi Houthi hadir di Saudi untuk membicarakan kemungkinan perdamaian dan gencatan senjata. Namun pihak Saudi membantah delegasi ini adalah Houthi sendiri, melainkan wakil dari suku/kabilah Yaman yang dekat dengan gerakan Syi'ah Houthi.


Juru bicara koalisi Arab Brigadir Jenderal Ahmed Al-Assiri, mengatakan pada hari Rabu (9/3), bahwa tidak ada pembicaraan langsung dengan pemberontak Houthi. Pembicaraan dilakukan dengan tokoh-tokoh suku yang akan menjadi mediator.


"Koalisi mengatakan telah merespon positif permintaan dari delegasi (suku) tentang gencatan senjata di perbatasan dan membuka jalan bagi masuknya bantuan medis dan kemanusiaan", ujar Asseri.


Mohammed Ali al-Emad, yang merupakan saudara dari seorang politisi penting Houthi, mengatakan jika pembicaraan membahas tentang proses gencatan senjata.

Namun gencatan senjata pada hari Rabu dilaporkan langsung dilanggar elemen Houthi dengan menembakkan roket ke wilayah Saudi sehingga menyebabkan jatuhnya 1 korban jiwa dan beberapa terluka. (Arabnews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.