Menlu Saudi
Menteri Luar Negeri Rusia menilai bahwa penarikan sebagian militer Rusia dari Suriah sebagai suatu langkah yang sangat positif.

Al-Jubeir menambahkan bahwa keputusan Rusia tersebut diharapkan akan memberi kontribusi jelas untuk proses transisi politik dalam menekan Basyar al-Assad sebagaimana kesepakatan Jenewa 1.

"Menjadi harapan kami bahwa penarikan akan berkontribusi terhadap percepatan solusi politik seperti dalam kesepakatan Jenewa 1 dan juga memaksa rezim Assad untuk membuat konsesi yang diperlukan untuk proses transisi politik", ujar al-Jubeir.

Komentar al-Jubeir muncul dalam sebuah siaran televisi lokal, dan merupakan tanggapan pertama Saudi atas pengumuman Vladimir Putin yang akan menarik mundur sebagian kekuatan militer dari Suriah.

Ketika ditanya tentang adanya "kesepakatan minyak" yang berhubungan dengan kebijakan harga oleh Saudi dan politik luar negeri Rusia, al-Jubeir menyatakan tidak ada hal seperti itu.

"Sejauh yang saya tahu, dan saya yakin saya mengetahuinya, bahwa tidak ada hal seperti itu", jelasnya.

Baru-baru ini Arab Saudi, Rusia dan negara-negara produsen minyak mentah mencapai kesepakatan pembekuan produksi untuk menghentikan rendahnya harga minyak mentah yang telah jatuh sejak tahun 2014.

Arab Saudi adalah pendukung utama perjuangan oposisi Suriah melawan rezim Basyar al-Assad. Bersama beberapa negara berpenduduk Islam lainnya menjadi sponsor dana dan persenjataan bagi pejuang oposisi moderat.

Sementara Rusia adalah penyokong kuat rezim Basyar al-Assad, serta melakukan intervensi militernya sejak akhir September 2015 untuk membalik hasil peperangan dengan kemenangan rezim Assad melawan oposisi.

Kedua negara berada di posisi bertentangan soal perang Suriah. Arab Saudi telah mengambil kebijakan perang harga minyak murah yang kemudian ikut memperparah perekonomian Moskow.

Bahkan Riyadh menyatakan kesiapan untuk menerjunkan secara besar-besaran pasukan daratnya di Suriah dengan alasan memerangi kelompok teroris ISIS. (Reuters/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.